Beranda > Berita > KOLTIM MILIKI PENANGKARAN KOPI ROBUSTA BERKUALITAS.

KOLTIM MILIKI PENANGKARAN KOPI ROBUSTA BERKUALITAS.

Kopi robusta di kebun Bupati Koltim belum setahun sudah berbuah.

Seluruh pengusaha kopi hadiri hari kopi nasional(HKN) termasuk dataran hijau.

Kopi robusta dalam setahun sudah berbuah.

Foto pemilik perusahaan dataran hijau Agus Saputra.

Koltim(Sultra), B-lipsus` 20.

Dalam arahan dan himbauan Bupati Koltim Drs. H.Tony Herbiandyah. Msi pada Musrembang tingkat Desa lurah dan Kecamatan belum lama ini, menyampaikan agar kiranya masyarakat koltim untuk mengembangkan budi daya bercocok tanam kopi. menurut Bupati dimana saja, di kota maupun desa yang banyak kita jumpai adalah warung kopi, bukan warung cengkeh, kakao dan lainnya.

Tanaman kopi sudah banyak beredar dan  tersalur dikolaka timur saat ini kopi robusta menjadi pilihan alternatif masyarakat, sebagai salah satu budi daya tanaman komiditi jangka panjang dalam waktu 1 sampai 2 tahun sudah dapat di panen untuk dinikmati hasilnya. Terbukti sudah banyak desa beberapa tahun terakhir menganggarkan kopi robusta melalui dana desa( DD) Apbn.

Tony Herbiansyah sebelum memasukan kopi robusta di koltim terlebih dahulu melakukan pengujian dan studi banding ke jember tempat penangkaran kopi robusta sebagai penangkaran terbesar di indonesia, alhasil setelah melihat fakta dan kopi robusta yang ditanam di kebunnya dalam jangka 6 bulan sudah menghasilkan buah, Tony yakin tanaman ini cocok untuk di kembangkan di lahan atau tanah masyarakat koltim.

Pimpinan Perusahaan kopi robusta ” Cv. Dataran Hijau ” Agus Saputra yang ditemui awak media ini di kediamannya mengatakan , Saat ini penangkarannya tersebar di beberapa daerah yaitu di kab.Koltim kec. Ladongi , samping polsek ladongi pade areal lahan seluas kurang lebih 1 hektar, kab. konsel di desa mowila, kota kendari di belakang brimob kapasitas bibit saat ini yang lagi ditangkar  sebanyak 13 ribu biji, Bebernya.

Lebih lanjut Agus menambahkan kalo perusahan dataran hijau juga memenangkan lelang nasional pengadaan bibit kopi Robusta di bagian indonesia timur yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB), Toraja dan Sulawesi Barat(Sulbar). Perlu diketahui grup perusahaan ini dikelola secara provesional dan satu mata rantai saling menopang yaitu dirinya Agus (red) dataran hijau bagian indonesia timur, lembah hijau indonesia bagian tengah dan bukit hijau indonesia bagian barat masing masing wilayah yang sudah mendapat persetujuan dan kesepahaman

Perusahaan dari kementrian dan dirjen pertanian dan perkebunan. Ujarnya

Bisa disimpulkan perusahaan dataran hijau yang ada di Koltim tidak bisa diragukan lagi mulai dari sertipikasi benih, karantina, linsensi dan dokumen pendudukung lainnya semua ada apalagi perusahaan ini sifatnya nasional sudah pasti extra hati hati dalam menjalankan menagerial perusahaan tersebut.

Menjadi perhatian kita bersama saat ini dikoltim banyak permasalahan bibit kopi beberapa tahun terakhir bagi desa desa dan tenaga ahli yang kurang teliti dan jeli dalam memperivikasi perusahaan, kwalitas dan kwantitas perusahaan kopi tersebut, sebagaimana berita yang pernah dilansir salah satu media online di duga 161 ribu bibit ilegal beredar di koltim. (Iswan).

TERPISAH.

UNTUK PEMBUATAN HAND SANITIZER.

Pemkot Surakarta Ajukan Permohonan Pembebasan Cukai Etil Alkohol.

 

Solo, B-lipsus` 20.

Bertempat di Rumah Dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung, Selasa (14/3/2020) Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo bertemu dengan Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso untuk membahas permohonan Pemerintah Kota Surakarta terkait pembebasan cukai Etil Alkohol.

Budi Santoso menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk berkoordinasi terkait kondisi terkini mengenai wabah Covid19 dan juga menindaklanjuti permohonan pembebasan cukai untuk produk Etil Alkohol. “Kami ingin memberikan kontribusi, berkoordinasi dengan Walikota dalam rangka untuk pemberian pembebasan fasilitas cukai, dalam hal ini untuk pembuatan antiseptik,” tambahnya.

Walikota Surakarta, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Surakarta sebelumnya telah mengajukan permohonan pembebasan cukai Etil Alkohol sebanyak 4000 liter, yang telah diolah menjadi hand sanitizer dan dibagikan ke pasar tradisional, kecamatan dan kelurahan. Kemudian saat ini, Pemerintah Kota Surakarta sedang mengajukan lagi permohonan pembebasan cukai Etil Alkohol sebanyak 6000 liter yang selanjutnya juga akan diolah menjadi hand sanitizer.

Selanjutnya, FX. Hadi Rudyatmo menghimbau kepada pengelola tempat hiburan malam, termasuk play station, warnet dan game online untuk tutup sementara waktu. Dan kepada pengelola mall untuk melakukan pembatasan jam operasional mulai dari jam 11.00 s/d 20.00 WIB.( Ggor. ).

TERPISAH.

INFO PENTING, AYO DENGAR dan BACALAH …

Saat kita dalam situasi waspada / darurat …

IKLAN KITA.

Lokasi Jl. Anggrek 10. Sukoharjo, kidul Alun-alun Sukoharjo, yang berminat hub. No. Hp. 081915317111. ( Red. ).

TERPISAH.

WARUNG MAKAN TOCIN NDESO.

Saat patroli keliling … mampir ke RM. Tocin Ndeso.

Mampir-mampir yok di warung makan Tocin Maknyus …. Wao sueegeer tenan and free wifi dan free karaoke …. Mampir ah …. Di Samben, Gunting, Wonosari, Klaten. ( Red. ).

KREASI ANAK NEGERI.

Ayo belajar berkreasi lewat berbagai seni, termasuk seni musik.

Lagu penghormatan terhadap POLRI.

Lagu KUTO KLATEN.

Lagu BUNGA DESA YANG AYU.

Ditunggu kritiknya yang membangun … Merdeka !!!. ( Red. ).

Baca Juga

PANWASLU AD HOC DI BERHENTIKAN SEMENTARA.

Kendal, B-lipsus. Bawaslu Kendal berhentikan sementara masa tugas Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, Pemberhentian dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This