Beranda > Berita > PENCEGAHAN VIRUS CORONA DI TEMPAT-TEMPAT IBADAH.

PENCEGAHAN VIRUS CORONA DI TEMPAT-TEMPAT IBADAH.

Karanganyar, B-lipsus` 20

Akhir-akhir ini di Indonesia banyak yang kuatir akan virus Corona, khususnya di tempat-tempat keramaian, karena Virus Corona menular dengan bersentuhan atau bekas orang yg disentuh bisa menular ke orang lain yg menyentuhnya.

Di Kecamatan Jaten Kabupayen Karanganyar, Majelis Wakil Cabang Nahdlotul Ulama mengadakan penyemperotan tempat-ibadah di 6 titik lokasi, yang dipimpin ketua MWC Keamatan Jaten Jumari, pada Hari Sabtu Tanggal 21 Maret 2020.

Dibantu warga dengan Anggota Banser Tanggap Bencana ( BAGANA) Di mulai dari jam 08.00-12.00 WIB siang.

Penyemperotan ini diseluruh ruangan tempat ibadah juga benda yang sering dipegang atau disentuh oleh orang-orang, karena penularanya lewat sentuhan.

di 6 titik lokasi ini menghabiskan 20 liter.

yang bahanya dari campuran perbandingan setiap 1 liter air ditambah 2 sendok Bayclin, 2 sendok Wipol, 4 sendok pembersih lantai.( Purwanto ).

TERPISAH.

CEGAH PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB. BATANG TUTUP SEMENTARA TEMPAT HIBURAN.

 

Batang, B-lipsus` 20.

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah lewat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), menggelar patroli malam dengan memberikan imbauan penutupan sementara tempat usaha hiburan malam dan membubarkan lokasi yang sering digunakan berkumpul oleh masyarakat, sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Patroli malam pencegahan Covid-19 ini, beranggotakan pasukan gabungan Satpol PP, Polres Batang, dan Kodim 0736 Batang serta didukung Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang.

“Pelaksanaan patroli malam ini menindaklanjuti surat imbauan Pemkab Batang terkait penutupan sementara tempat-tempat hiburan dan tempat keramaian seperti kafe dan karaoke,” kata Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Batang Sri Purwaningsih, usai apel Patroli Malam Pencegahan Covid-19 di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Sabtu malam (21/3/2020).

Ia menjelaskan, tidak boleh ada kerumunan massa yang tidak penting. Jika masih ada tempat usaha hiburan yang masih buka akan langsung ditindak tegas, karena patroli malam ini akan terus dilakukan secara acak setiap hari di Kabupaten Batang. “Ini untuk kepentingan bersama, kita lagi diuji solidaritasnya, memang secara ekonomi kita merugi tapi saya lebih berpihak pada keselamatan manusia,” terang dia.

Sementara, Kepala Bagian Operasi Polres Batang AKP Asfauri menyampaikan, kegiatan malam ini dilakukan di banyak titik lokasi hiburan kafe dan karaoke dari Kecamatan Batang sampai Kecamatan Gringsing.

“Hasil dari patroli malam Alhamdulillah mereka semua mau mengikuti anjuran atau imbauan Pemkab Batang, semua sudah tutup dan tidak ada operasional lagi. Imbauan ini berlaku sampai waktu yang tidak bisa ditentukan,” kata dia. ( Pen-dim 0736/Btg ) ( S Anto Saputro ).

TERPISAH.

GIAT MDMC BERSAMA PDM TUBAN.

( Lembaga Penanggulangan Bencana Muhamadiyah, Muhamadiyah Disaster Management Center (MDMC), Bersama Lazizmu Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Tuban Melaksanakan Penyemprotan Disinfektan ).

Tuban, B-Lipsus’ 20

Dalam upaya untuk menanggulangi adanya penyebaran virus corona di lingkungan sekolah maupun asrama, maka dari Lembaga Penanggulangan Bencana Muhamadiyah (LPBM), Muhamadiyah Disaster Management Center (MDMC), bersama-sama dengan Lazizmu Pimpinan Daerah Muhamadiyah(PDM) Tuban, yang juga bersama dengan para guru sekolah SMK pelayaran Muhamadiyah Tuban, telah melakukan penyemprotan disinfektan di dalam ruangan sekolah, di lingkungan serta di dalan ruangan asrama, Sabtu (20/03/2020) pukul 09.00 wib sampai 14.00 wib.

Penyemprotan disinfektan tersebut di lakukan bertujuan untuk mencegah atau menanggulangi adanya penyebaran virus corona yang ada di sekitar lingkungan sekolah, di lingkungan mushola, maupun di lingkungan asrama sekolah SMK Pelayaran Muhamadiyah Tuban, agar semuanya menjadi aman dan terbebas dari virus corona tersebut.

Selain adanya penyemprotan disinfektan  tersebut, Kepala Sekolah SMK Pelayaran Muhamadiyah Tuban, “Bapak Suyanto” juga menghimbau kepada para guru pengajar maupun kepada para taruna dan taruni untuk selalu menjaga kebersihan baik di lingkungan sekolah, di ruang sekolah, di mushola sekolah maupun di dalam asrama.

“Untuk mencegah adanya penyebaran virus corona tersebut,mari kita bersama-sama selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan di sekolah, di mushola,di asrama,maupun kebersihan di lingkungan rumah kita sendiri,”Ungkap Kepsek SMK Pelayaran Muhamadiyah Tuban, Suyanto”.(Snt)

TERPISAH.

ACARA TAWUR AGUNG HANYA AKAN DIHADIRI 60 ORANG.


Klaten, B-lipsus` 20.

Asisten I Sekda Klaten yang juga Ketua Gugus Tugas (Gugas) Pengendalian Penyakit (PP) Covid 19 Kabupaten Klaten, dr Ronny R, MKes mengatakan, sesuai kesepakatan rapat koordinasi (rakor) dengan tokoh agama yang diadakan pada Kamis sore, 19 Maret 2020, bahwa acara Tawur Agung sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi yang akan diadakan di Candi Prambanan, Rabu, 25 Maret 2020 mendatang hanya akan dihadiri sekitar 60 umat Hindu.

“Kemudian acara Tawur Agung tersebut sifatnya tingkat Kabupaten Klaten. Kemudian untuk Tawur Agung tingkat nasional yang rencananya diadakan di Candi Prambanan pada 25 Maret 2020 ditiadakan,” kata dr Ronny R, MKes kepada Tim Liputan Bagian Humas Setda Klaten di sela-sela mendampingi Bupati Klaten Hj Sri Mulyani membagikan masker, hand sanitizer dan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pasar Gede Klaten, Sabtu pagi, 21 Maret 2020.

Menurut dr Ronny, pihaknya sudah koordinasi dengan Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Klaten dan disepakati acara Tawur Agung Tingkat Kabupaten Klaten sebagai ganti Tawur Agung Tingkat Nasional tetap diadakan di Candi Prambanan dengan peserta sekitar 60 orang perwakilan dari kecamatan di Klaten.

Harapannya, dengan peserta yang terbatas maka penyebaran virus covid 19 dapat ditekan dan dikendalikan.

Sementara itu Wakil Ketua 1  Gugus Tugas   Pengendalian Penyakit Covid 19 Kabupaten Klaten yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr Cahyono Widodo MKes didampingi Juru bicara  Gugus Tugas Pengendalian Penyakit Covid 19 Kabupaten Klaten yang sekaligus Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr Anggit Budiarto, MMR mengatakan, data per 21 Maret 2020 belum ada warga Klaten yang terjangkit virus corona.

Artinya, Kabupaten Klaten masih terbebas dari virus covid 19 dan semoga kondisi ini dapat terus dipertahankan dengan perilaku hidup bersih dan sehat dan menghindari pertemuan dengan jumlah massa yang banyak. Kemudian terkait virus corona di Klaten, datanya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 39 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) semuanya dari luar Klaten ada 3 orang yang kini dirawat di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. ( Dimas HH ).

SEKILAS INFO.

Saat kita dalam situasi waspada … seperti apa yang diutarakan Camat Nguter, Sukoharjo.

IKLAN KITA.

JUAL TANAH BESERTA RUMAH.

Lokasi Jl. Anggrek 10. Sukoharjo, kidul Alun-alun Sukoharjo, yang berminat hub. No. Hp. 081915317111. ( Red. ).

TERPISAH.

WARUNG MAKAN TOCIN NDESO.

Mampir-mampir yok di warung makan Tocin Maknyus …. Wao sueegeer tenan and free wifi dan free karaoke …. Mampir ah …. Di Samben, Gunting, Wonosari, Klaten. ( Red. ).

KREASI ANAK NEGERI.

Ayo belajar berkreasi lewat berbagai seni, termasuk seni musik.

Lagu NENG PINGGIRING KALI.

Lagu PRAWAN AYU.

Ditunggu kritiknya yang membangun … Merdeka !!!. ( Red. ).

 

Baca Juga

PANWASLU AD HOC DI BERHENTIKAN SEMENTARA.

Kendal, B-lipsus. Bawaslu Kendal berhentikan sementara masa tugas Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, Pemberhentian dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This